Selayang Pandang

FA KMHDI (Forum Alumni Kesatuan Mahasiwa Hindu Dharma Indonesia) merupakan sebuah forum komunikasi alumni – alumni KMHDI seluruh Indonesia. Fungsi utama FA KMHDI adalah mendukung program dari KMHDI. Dalam perkembangannya, alumni KMHDI sudah tersebar hampir di semua wilayah Indonesia. Penting adanya wadah untuk tetap terjalin komunikasi antara alumni dan adik-adiknya di KMHDI, sekaligus ajang simakrama serta menguatkan persaudaraan sesama Alumni.

FA KMHDI secara resmi dibentuk di Bali pada hari Minggu, tanggal 25 November 2001. Awal mulanya dibentuk, pusat kedudukan FA KMHDI adalah di Denpasar, Bali. Tapi dalam perkembangannya setelah Mahasabha FA KMHDI di Yogyakarta tahun 2018, maka kedudukan FA KMHDI Pusat dikembalikan ke Ibu Kota Negara yaitu DKI Jakarta, sehingga lebih dekat dengan adik-adiknya di PP KMHDI.

Perjalanan FA KMHDI juga mengalami berbagai lika-liku dinamika organisasi khususnya kesibukan para alumni yang waktunya tidak seperti ketika berproses di KMHDI. Sempat beberapa kali mengalami fase Vakum (hanya fokus membantu KMHDI), akhirnya FA KMHDI perlahan kembali eksis dan membuat berbagai program – program besar untuk mendukung eksistensi KMHDI dan juga alumni. Kebangkitan ini diawali dengan Rakornas FA KMHDI pada tahun 2016 di Kendari, kemudian memulai Pembangunan Pasraman Satyam Eva Jayate di Bali, Gerakan 1000 untuk rencana pembangunan Sekretariat Mahasiswa Hindu di Ibu Kota Negara, Mahasabha FA KMHDI tahun 2018 di Yogyakarta sekaligus restrukturisasi FA KMHDI Pusat, sehingga mulai fokus untuk menjalankan program-program strategis untuk kemajuan umat, KMHDI, Bangsa dan Negara, serta Alumni KMHDI itu sendiri.

Visi, Misi dan Tujuan

Sebagai organisasi yang mewadahi alumni-alumni KMHDI dari berbagai daerah dan cabang seluruh Indonesia, maka FA KMHDI memiliki azas yang sama dengan KMHDI yaitu berazakan Pancasila, bersifat Nasional dan Independen, serta bernafaskan Hindu.

Tujuan utama dari FA KMHDI adalah :

  1. Memupuk semangat religiusitas, humanisme, nasionalisme dan progresifitas para Alumni Mahasiswa Hindu Indonesia dalam rangka turut serta berperan aktif dalam pembangunan umat, Bangsa dan Negara.
  2. FA KMHDI bertujuan untuk memupuk dan menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa yang berkeadilan sosial.
  3. FA KMHDI bertujuan mendata, menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki para anggota FA KMHDI.
  4. FA KMHDI bertujuan mendukung Program Kerja, Visi dan Misi Organisasi KMHDI.

Arti dan Makna Logo

Logo atau Lambang KMHDI bernama TRI DHARMA, seperti gambar diatas, yang memiliki makna sebagai berikut :

  1. Dasar Merah (Dharma Pertama) : anggota FA KMHDI lebih mengedepankan pengabdian kepada masyarakat, berlandaskan ajaran Dharma.
  2. Ujung Segi Tiga Warna Hitam (Dharma Kedua) :  anggota FA KMHDI menjunjung tinggi pemerintahan yang sah, demi menunjang interaksi antara pemerintah dengan masyarakat, sebagai sebuah aktualisasi ajaran Dharma.
  3. Bagian Tengah Segi Tiga Warna Putih (Dharma Ketiga) : anggota FA KMHDI senantiasa mengambil sikap kritis kepada pemerintah, dan melakukan advokasi kepada masyarakat, dalam upaya mengawal jalannya pembangunan pada jalan Dharma.
  4. Warna Merah, Putih dan Hitam : Tiga warna ini menggambarkan Tri Murti, yaitu tiga manifestasi Tuhan sebagai Pencipta, Pemelihara, dan Pelebur (Brahma, Wisnu, Siwa). Dengan Kata lain, anggota FA KMHDI dengan memanfaatkan kekuatan, kepintaran dan kecerdasan yang dimiliki, melakukan tindakan : (kesatu) turut serta dalam mengisi pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia, (kedua) turut serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, (ketiga) turut serta dalam menghancurkan segala bentuk tindakan yang melawan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Struktur Organisasi

Bagikan :